Apa kata mereka tentang DCU?

images

Alessa Fahira
PO 8th DEVICE FKUI

images

Angga Wiratama
PO DCU 2016

Dio Alief

Dio Alief Supriyanto
Ketua BEM IKM FKUI 2019

images

Alessa Fahira PO 8th DEVICE FKUI

Apa yang kakak dapatkan setelah mengikuti DCU 2018?

Satu hal yang sangat special dari DCU adalah merayakan banyak sekali cabang-cabang/kemungkinan kedokteran untuk memfokusi pada kariernya di bidang apa. Dengan banyaknya ide baru dari DCU-DCU sebelumnya, kita jadi semakin aware kalo sebenernya jadi dokter itu tidak sekedar jadi dokter yang orthodoks/ biasa saja tapi bisa diluar kebiasaan itu dan dengan adanya DCU kita menjadi terinspirasi, semakin banyak kemungkinan-kemungkinan baru yang terbuka, yang mungkin sebelumnya belum terpikirkan. Buat gue DCU itu merayakan bidang-bidang ilmu kedokteran yang begitu banyak ragamnya.

Bagian apa yang menurut kakak berkesan dari DCU 2018 dan apa yang perlu dipertahankan?

Yang paling berkesan adalah DCU care/ DCU humanity, yang mengenai kemanusiaan dan pengabdian. Walaupun kita selalu dibilang untuk mengabdi, tetapi gapernah ada acara yang betul-betul menghighlight beberapa dokter yang betul-betul menekuni hal tersebut. Jadi, disini melihat betul pengalaman mereka untuk mengabdi dan ini yang paling menyentuh melihat betapa pengorbanan dokter-dokter di sini. Hal lain yang menarik juga adalah entertainment karena menunjukkan bahwa dokter itu supel, bisa bekerja di dunia entertainment juga, dan mungkin bisa dihiglight juga apa concern-concern atau ethical concernnya.

Apa harapan kakak terhadap acara DCU 2020 dan sinergi dunia kesehatannya ke depannya?

Sinergi dunia kesehatan kedepannya itu ada di tangan anak-anak muda. Satu hal yang gue harapkan dari DCU adalah bahwa DCU ini lebih membuka/ dapat memberikan suatu ruang berpikir, suatu kegiatan yang dapat membuat mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia untuk lebih terinspirasi. Terutama dengan keadaan pandemi sehingga harus diadakan secara online, justru lebih enak karena nanganin webinar, sehingga bisa me-reach peserta dari seluruh Indonesia. DCU bisa membuka ruang untuk berpikir dan menginspirasi orang-orang diseluruh Indonesia bahwa banyak sekali jalur-jalur kehidupan dari seorang dokter yang bisa kita pilih sesuai dengan panggilan hati masing-masing. Mungkin akan seru juga kalau ada pembicara mengenai dokter yang ahli dalam hal teknologi, mengingat banyak teknologi yang baru kita gunakan seperti zoom.

Kalimat ajakan untuk mengikuti DCU 2020

Untuk temen-temen yang masih mikir untuk ikut DCU 2020, stop gaperlu mikir lagi langsung aja daftar karena ini kesempatannya hanya datang 2 tahun sekali. Tetapi dijamin dengan ikut DCU teman-teman akan mengalami perubahan cara pandang mengenai kehidupan di FK. Semoga DCU 220 dapat menginspirasi perjalanan teman-teman semua dalam mengabdi berkarier dalam kehidupan dan semakin sayang terhadap indahnya dunia kedokteran. Insha Allah ilmunya berguna untuk saat ini dan tentunya untuk masa yang akan datang. Semangat!

images

Angga Wiratama PO DCU 2016

Apa yang kakak dapatkan setelah mengikuti DCU 2018?

DCU adalah salah satu seminar karir kedokteran terbaik dan terlengkap karena selain menghadirkan pembicara dari berbagai ranah karir kedokteran yang memaparkan bagaimana menjalankan profesi kedokteran di bidang karir tersebut. DCU menghadirkan 30+ Departemen di FKUI untuk mengenal lebih jauh tentang spesialisasi yang diminati. Ini tidak hanya memberikan informasi yang relevan dan penting banget buat mahasiswa kedokteran yang sudah menuju akhir masa pendidikannya, tetapi juga bermanfaat banget buat mahasiswa kedokteran yang masih berada di masa awal pendidikannya.

Bagian apa yang menurut kakak berkesan dari DCU 2018 dan apa yang perlu dipertahankan?

Salah satu bagian yang paling berkesan adalah exhibitionnya yang menarik banget, di mana kita bisa mendalami berbagai program studi spesialis dalam 1-2 hari. Selain itu ada DCU Inspiration serta variasi bidang karirnya juga yang dapat dipertahankan supaya makin banyak insight yang bisa didapetin oleh peserta

Apa harapan kakak terhadap acara DCU 2020 dan sinergi dunia kesehatannya ke depannya?

Harapannya DCU bisa memberikan perspektif yang baru untuk pesertanya, membuka wawasan, dan bisa menyesuaikan juga dengan current issues, seperti public health. Banyak juga sebenernya peluang pendidikan lanjutan selain spesialis, misalnya S2 di universitas lokal maupun internasional yang sekarang juga lagi ketertarikannya lagi meningkat.

Berhubung DCU akan dilaksanakan secara online, harapannya bisa lebih mudah juga untuk mendatangkan pembicara-pembicara yang prominent di bidangnya. Semoga bisa sukses dan terus membawa manfaat, buat para senior dan alumni FKUI dan FK lain di Indonesia.

Kalimat ajakan untuk mengikuti DCU 2020

Untuk seluruh mahasiswa kedokteran, klinik maupun preklinik, yuk wajib banget nih ikut DCU! Bakal banyak banget inspirasi yang kita dapetin dari pembicara di berbagai bidang karir dan tentunya juga tahu lebih dalam mengenai peluang pendidikan lanjutan terutama pendidikan spesialis di FKUI. Jangan sampe ketinggalan yaaa!!!

images

Dio Alief Supriyanto KETUA BEM IKM FKUI 2019

Apa yang kakak dapatkan setelah mengikuti DCU 2018?

Intinya banyak banget yang gua dapetin. Di DCU 2018 gua bisa dapetin info soal berbagai bidang spesialisasi kedokteran. Udah keuntungan banget tuh bisa tahu itu semua plus bisa jalin relasi dengan dokter-dokter di bidangnya, terutama buat mahasiswa kedokteran baik preklinik atau klinik. Masih kurang cukup? Tenang di DCU ini yang paling berkesan bagi gua adalah speakersnya, ngena banget kalo jadi dokter itu ngga selamanya hanya mengobati pasien di depan hadapan kita saja. Banyak banget insight baru yang gua dapatkan di DCU tentang seberapa bergunanya ilmu dokter ini kita aplikasikan dengan cara lain, termasuk dalam bidang non medis. Terus poin yang paling plus menurut gua, pembicaranya bener bener inspirasional dan ngga ngebosenin.

Bagian apa yang menurut kakak berkesan dari DCU 2018 dan apa yang perlu dipertahankan?

Kalau selain pembicaranya yang udah oke banget tadi, DCU bagus banget karena konsepnya jelas yaaa. Acara yang tujuannya emang mengembangkan wawasan, kasih inspirasi tentang dokter tuh ngga profesi saklek yang tujuannya cuma 1 lho. Jadi ciri khasnya DCU dan cuma DCU setahu aku ya acara yang punya konsep ini. Oh ya jangan lupa ngga cuma speaker kayak seminar terus terusan. Di akhir tuh biasanyaa ada mini concert yang seru abis wkwk, PLUS penampilnya dokter juga hehe. Selain itu juga ada standnya yang rame pluss stand standnya asik asikk sumpah. Setiap stand ada demonya yang bisa dicoba dan asiklah pokoknya, seperti simulasi. Kalo di bedah saraf kemarin ada video gitu wkwk sama kenalan ke dr. Sp.BSnya juga. Wkak sekalian relasi sedikit.

Apa harapan kakak terhadap acara DCU 2020 dan sinergi dunia kesehatannya ke depannya?

Harapannya? DCU bisa terus ada dan karena tahun ini online, jangkau sebanyak banyaknya audiens ya. Kalau bisa dibuat sebanyak banyaknya (seatnya) dengan harga yang seminim mungkin. Tonjolin cerita cerita inspiratif dengan pembicara inspiratif supaya bisa menginspirasi sebanyak banyaknya calon dokter.

Untuk dunia kedokteran, dari cobaan pandemi Covid ini aja udah banyak banget pintu pintu yang sebelumnya ketutup mulai kebuka seperti Ahli Hukum Kesehatan, Dokter Pejabat, Pembuat Kebijakan (ini saran salah satu materi DCU 2020). Tunjukkin jika sudut pandang kesehatan juga harus punya bargaining power di level atas, tidak hanya cuma jadi ahli ahli doang nyatanya, sampai ke penggunaan industry 4.0 kayak telemedicine, teleeducation, bahkan sampai AI. Harapan gua semoga dokter masa depan tidak saklek yaa sama perkembangan zaman.

Kalimat ajakan untuk mengikuti DCU 2020

Buat teman teman yang mau tahu lebih soal profesi dokter, yang mau inspired tentang luasnya potensi kebermanfaatan sebuah profesi dokter, yang mau tahu cara berekspresi bebas di bidang yang diminati & tetap menjadi seorang dokter, menurut gua ngga ada tempat lain yang lebih bisa memberikan itu semua selain Doctor Career's Update ini. Jangan khawatir soal acaranya bakalan ngebosenin, di sini hal hal itu semua dikemas oleh panitia dan pembicara menjadi sesuatu yang menarik dan apik. Mengikuti DCU ini memberikan perasaan bangga bahwa gua akan menjadi seorang dokter dan ada banyak hal yang bisa dilakuin dengan itu. Jadi gua harap kalian semua bisa merasakan dan mengetahui hal itu juga. Sukses DCU 2020. Walaupun online semogaa tetep wow, as usual.